Tentang

Saya seorang ekonom. Saya meminati irisan antara ekonomi, ekologi, dan perihal sosial.

Foto di Mahakam

Sonny Mumbunan bekerja sebagai ekonom di Pusat Riset Perubahan Iklim Universitas Indonesia. Ia juga merupakan senior economist di World Resources Institute (WRI) Indonesia di mana ia memimpin kegiatan riset dan advokasi kebijakan terkait ekonomi perubahan iklim, ekonomi pangan dan guna lahan, dan pembangunan rendah karbon di Indonesia.

Sebagai policy advisor, Sonny pernah bekerja di Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) dari 2012 sampai 2014, melakukan analisis dan memberi masukan tentang ekonomi hijau, pembangunan berkelanjutan, dan tata kelola data pembangunan. Tahun 2016-2017, ia bekerja di Kantor Staf Presiden (KSP) untuk bidang pembangunan berkelanjutan dan Satu Data Indonesia. Selain itu, ia menjadi pakar dalam beberapa kajian kebijakan fiskal untuk perubahan iklim di Badan Kebijakan Fiskal (BKF) di Kementerian Keuangan RI.

Sonny menjadi anggota delegasi Republik Indonesia pada sejumlah perundingan PBB untuk perubahan iklim (United Nations Framework Convention on Climate Change) dan untuk agenda pembangunan global (United Nations Sustainable Development Goals, SDGs). Ia adalah anggota aktif International Society for Ecological Economics (ISEE) dan anggota terpilih Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI).

Ia  mendirikan Paguyuban Makara, sebuah paguyuban epistemik untuk pemajuan gagasan tentang keberlanjutan di Indonesia melalui kegiatan diskusi.

Gelar PhD bidang ilmu ekonomi ia peroleh dari Universitaet Leipzig, Jerman. Irisan antara ilmu ekonomi, ilmu ekologi dan ilmu sosial ia dalami di Helmholtz Center for Environmental Research Jerman, tempat ia menulis disertasi doktoral, juga di Thor Heyerdahl Summer School on Institutions for Sustainable Development, Norwegian University of Life Sciences, dan di Marie Curie Summer School on Emerging Theories and Methods in Sustainability Research, Universidade Nova de Lisboa, Portugal. Sonny belajar tentang tata kelola ekonomi dari Elinor Ostrom, perempuan pertama penerima hadiah Nobel Ekonomi.

Sonny Mumbunan lahir di Minahasa, di ujung utara Pulau Sulawesi, tahun 1976.

www.sonnymumbunan.org