Produksi pengetahuan untuk kebijakan perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan

Tulisan saya yang berjudul “INDC Indonesia: Produksi pengetahuan dan kebijakan publik untuk perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan” diterbitkan Jurnal PRISMA volume 35 tahun 2016. Sebuah jurnal pemikiran sosial ekonomi, PRISMA punya sejarah panjang di tanah air sebagai jurnal yang memuat tulisan para pemikir dan para pembuat kebijakan publik.

Tulisan saya bermaksud mendokumentasi suatu proses penting dalam sejarah kebijakan penurunan emisi Gas Rumah Kaca di Indonesia. Tulisan saya juga bermaksud mempersoalkan metode yang digunakan dalam proses tersebut, baik metode sebagai bagian dari simulasi target penurunan emisi ataupun sebagai bagian dari sebuah produksi pengetahuan untuk kebijakan publik. Di atas dua maksud tersebut, tulisan ini ingin ikut mengisi kekosongan kepustakaan tentang science-policy interface untuk konteks Indonesia.

Pada bagian abstrak tertulis:

Intended Nationally Determined Contribution (INDC) yang berisi niat Indonesia menurunkan emisi sekaligus memungkinkan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan adalah sebuah contoh produksi pengetahuan. Argumen pokok tulisan ini adalah INDC Indonesia mengandung sejumlah masalah yang dapat diterangkan dari aspek-aspek terkait proses dan hakikat produksi pengetahuan untuk kebijakan publik; masalah substansial bagi bahasan mengenai transformasi sektor publik dan integrasi kebijakan perubahan iklim dalam perencanaan pembangunan berkelanjutan.

Leave a Reply